Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Yang Dibaca Ketika Melihat Bulan Purnama


Doa yang dibaca ketika melihat bulan purnama - Dimalam 13, 14 dan 15 penanggalan komariyah akan selalu datang keindahan yang membasuh malam dengan cahaya.

Bulan purnama memang menjadi sebuah penomena yang tidak bosan dibicarakan orang, bahkan keindahannya yang has selalu dipinjam untuk menggambarkan keindahan lain yang tingkat keindahannya dianggap hampir setara dengan keindahan yang dipancarkan sang bulan purnama.

Malam yang dianugerahkan Allah swt. memang menawarkan berbagai kenikmatan untuk manusia.

Setelah lelah menapaki tantangan di lorong-lorong siang yang terikat dengan beragam godaan, selalu diakhiri dengan belaian sejuknya malam, hampir, segala penat dan lelah hilang seketika, bahkan kerinduan, kebencian, penyesalan dan amarah bisa reda oleh buaian malam.

Heningnya memberikan kesempatan bagi semua makhluk untuk berjalan dalam mimpi-mimpi yang entah bagaimana menggambarkannya.

Namun, yang diatawarkan oleh malam, sejatinya adalah untuk melelapkan diri dalam istana mimpinya.

Tetapi, terkadang kegundahan dan kegelisahan yang disebabkan kerinduan yang melanda, atau kehawatiran yang membadai di benak seseorang, memaksanya untuk teap terjaga dan sulit untuk memasuki istana mimpi yang disediakan sang malam.

Namun, kendati seperti itu, malam tetap memberikan kemegahan yang dimilikinya, diantarnya adalah keindahan sinaran bulan purnama.

Baca Juga:

---> Doa-yang-dibaca-untuk-memohon-cepat-naik-haji

---> Doa-yang-dibaca-ketika-melihat-dan-mendengar-petir

---> Penjelasan-doa-ketika-ada-angin-kencang

Seseorang yang sedang dilanda rindu, terkadang dia bisa memuntahkan seluruh kerinduannya kepada bidadari malam dalam wujud purnama yang indah menawan.

Ataupun orang yang sedang dilanda keresahan, terkadang menjadi dingin hatinya, karena melihat pesona sang rembulan.

Pernahkah Anda berada dalam situasi seperi itu, seperti ketika rindu melanda Anda sengaja melangkah keluar rumah kemudian duduk diteras rumah memeluk kedua lutut sambil bertengadah menatap rembulan?, ataukah dalam suasana sebaliknya?,

Atau tanpa sengaja sedang dalam kegiatan malam Anda bertemu dan kemudian menikmati indahnya pesona rembulan?

Jika pernah, doa seperti apa yang Anda ucapkan?, hmm... kenapa diam?, pasti sedang ingat-ingat lupa dengan doa yang seharusnya dibacakan ketika melihat bulan purnama!

Bila Anda sudah terbisa mengingat Allah swt ketika melihat bulan purnama, pasti Anda sudah tahu dan paham bacaan doanya. dan itu sangat bagus.

Tetapi, kalau memang belum tahu, maka dengan semangat hati saya ingin memabaginya dengan Anda.

Berikut adalah doa yang dibaca ketika melihat bulan purnama;

رَبَّنَآ أَتۡمِمۡ لَنَا نُورَنَا وَٱغۡفِرۡ لَنَآ‌ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ ڪُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدِيرٌ۬

Rabbanaa atmimlanaa nuuranaa waghfirlanaa innaka 'alaa kulli syai'in qadiir

"Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami, sungguh Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu".

Kemudian setelah membaca doa ini, lanjutkanlah dengan membaca doa berikut ini;

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil amni wal îmâni was salâmati wal islâmi. Hilâlu khairin wa rusydin.

"Wahai Tuhanku, terangkanlah ia di atas kami dengan -menjadikannya terasa- aman, yakin, selamat, dan islam. Sebagai purnama penerang kebaikan dan petunjuk," (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Semoga dengan membaca doa seperti diatas ketika melihat sang rembulan, keindahan Allah swt akan melekat kedalam pribadi kita.

Sebagai orang yang beriman yang memiliki kemuliaan akhlak, sehingga bisa menjadi pesona yang mewakili umat kang jeng Nabi Muhammada saw. dalam menegaskan cahaya Islam sesungguhnya kepada seluruh umat didunia ini.

Sebagai penutup penulis mengingatkan bahwa setiap do'a akan semakin bermanfaat bila dilandasi dengan keridhaan seorang guru yang memberikan ijazahnya.

Jadi datangilah guru dan minta penjelasannya sebelum mengambil ijazah atas doa tersebut. Semoga do'a kita selalu maqbul dan berbuah berkah dalam kemegahan ijabah.

Amiin. Wallahu a'lam bis showab.

4 komentar untuk "Doa Yang Dibaca Ketika Melihat Bulan Purnama"

  1. alhamdulillah.. sy baca doa nya krn.mlm ini sy melihat bulan purnama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga doanya selalu dikabul oleh Allah swt. Aamiin

      Hapus
  2. Malam ini pun keluar purnama, jadi aku juga membacanya

    BalasHapus