Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Doa Ketika Ada Angin Kencang


Penjelasan doa ketika ada angin kencang - Setiap orang pasti mengalami peristiwa yang disebabkan oleh perubahan alam dari waktu ke waktu.

Pergantian musim kadang menjadi salah faktor yang melahirkan peristiwa alam yang tidak biasa, sepeti bebarapa waktu yang lalu, hampir dimana-mana mengalami hujan yang disertai badai dan angin kencang.

Kendati ini merupakan kejadian yang wajar, teapi tidak sedikit orang yang akhirnya merasa hawati dengan perestiwa yang terjadi itu.

Sebagai umat muslim, harus paham bahwa setiap hal yang terjadi tidak akan terlepas dari dua hal, yaitu positif atau negatif.

Seperti yang telah disampaikan dalam tulisan yang telah lalu, bahwa umat muslim harus paham dan mengerti bagai mana cara bersikap pada peristiwa yang dia hadapi dan dia alamai.

Bila positif maka sikap yang ditunjukan adalah bersyukur, sementara bila sebaliknya, maka yang paling tepat itu adalah bersabar dan bertawakal sambil berikhtiar serta berdoa.


Rosulullah pernah mengajarkan kepada umatnya mengenai doa yang sepatutnya di layangkan ketika terjadi hembusan angain yang kencang, baik diiringi dengan hujan maupun tidak.

Yang menjadi tujuan adalah agar peristiwa hembusan angin kencang ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi orang yang mengalami atau ada ditengah-tengah peristiwa tersebut.

عن أبي هريرة رضى الله عنه قال سمعت رسوالله صلى الله عليه وسلم يقول الريح من روح الله تعالى تأتي الرحمة وتأتي العذاب،  فإذا رأيتموها فلا تسبوها وسلواالله خير ها واستعينوا با لله من شرها

"Abu Hurairah RA berkata, ia mendengar Rasulullah Saw bersabda, ‘Angin adalah nikmat dari Allah SWT yang kadang mendatangkan rahmat  dan kadang mendatangkan ujian.

Karena itu apabila kalian menyaksikan, maka jangan dicaci maki, tapi perbanyaklah meminta kepada Allah kebaikan dengan adanya angin dan memohon perlindungan kepada-Nya dari angin yang tidak baik."

Dari yang di ajarkan Rosulullah itu, bahwa kita sebagai umat muslim harus menempatkan angin ini sebagai bagian dari nimat Allah swt yang dianugerakan kepada umat manusia.

Namun, terkadang angin juga merupakan teguran Allah atas kelalaian sebahagian hambanya.

Oleh karena itu, setiap makhluk yang diciptakan Allah itu tidak boleh di cela, seperti ketika ada angin yang berhembus tidak biasa, maka dalam kondisi seperti ini oleh Rosulullah diajarkan untuk banyak memohon kebaikan serta perlindungan dari segala mara bahaya yang mengancam keselamatan kepada Allah swt.

Pada riwayat lain dijelaskan bahwasannya Nabi Muhammad SAW ketika menghadapi angin yang sangat kencang berdoa dengan doa;

أللهم  لقحا ولا عقما

Allâhumma laqhan walâ 'aqaman

"Ya Allah, jadikanlah ini sebagai angin yang membawa air (turun hujan) dan tidak membawa malapetaka"

Dari sini kita diajarkan untuk selalu berbaik sangka dengan peristiwa yang terjadi disekeliling kita, bahkan dengan peristiwa alam yang terjadi dan tidak biasa, harus selalu berbaik sangka.

Semoga dengan mengenal dan memahami apa yang diajarkan oleh Rosulullah kepada kita di atas, kita sebagai umat muslim menjadi semakin yakin dan memiliki kesipan untuk menghadapi segala peristiwa yang terjadai dan mengampiri kita.

Wallahu a'lam bis showab.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Penjelasan Doa Ketika Ada Angin Kencang"