Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Doa Menjenguk Bayi


Penjelasan doa menjenguk bayi - Sebagai sebuah tradisi yang sudah sangat lengket dengan umat manusia, khususnya umat muslim di Nusantara, bila ada anak bayi yang lahir, secara otomatis akan mengundang sanak saudara datang untuk menjenguk.

Kebahagiaan dari lahirnya seorang bayi, tidak hanya milik kedua orang tuanya, tetapi juga menjadi kebahagiaan bagi keluarga, tetangga dan semuah handai taulannya.

Terlepas dari hal itu, ternyata banyak juga yang lupa untuk mendoakan anak itu dengan doa yang tepat.

Mendoakan memang bisa dengan cara apapun, selama doa yang diutarakan itu adalah doa yang baik, doa yang mengandung kebaikan untuk bayi itu.

Namun, para ulama terdahulu telah memberikan pengajaran bagai mana cara memberikan doa kepada bayi yang baru dilahirkan itu.

Baca : Penjelasan-doa-ketika-mempertemukan-pasangan-pengantin

Berikut ini adalah salah satu doa yang baik di ucapkan ketika menengok bayi yang baru dilahirkan;

Doa berikut ini kami kutip dari karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu

"Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya"

Dari isi doa tersebut, kita bisa memahami bahwa sebenarnya doa ini sedang mengingatkan kepada orang tua bayi itu bahwa mereka telah diberi keberkahan oleh Allah berupa dianugerahi seorang anak yang akan menjadi penerusnya kelak.

Sebagai ungkapan syukur atas dilahikannya bayi tersebut, maka yang paling penting bagi orang tuanya adalah bersyukur agar bisa mengasuh dan membesarkan bayinya dengan penuh kasih dan sayang serta keikhlasan.

Selain itu, orang tua telah diberikan rizki atas kebaikan bayinya.

Oleh karena itu, orang tua bayi harus menjawab ungkapan penengok ini, agar ungkapan doa diatas memiliki makna mendalam tidak hanya bagi yang dianugerahi bayi, tetapi juga untuk yang menengok bayi tersebut.

Berikut ungkapan doa yang penting diucapkan oleh orang tua bayi;

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jazâkallâhu khairan wa razaqakallâhu mitslahu au ajzalallâhu tsawâbaka

"Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rizqi yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu"

Dengan demikian suasana tengok menengok ini menjadi suasana yang dipenuhi dengan hikmah yang mengiringi kehadiran bayi yang baru lahir itu.

Wallhu a'lam bis showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Doa Menjenguk Bayi"