Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Doa Ketika Ada Gempa Bumi


Penjelasan doa ketika ada gempa bumi - Kejadian luar biasa atau peristiwa besar baik yang terasa baik maupun tidak baik pasti akan dialami oleh seluruh umat manusia.

Berat ringannya sebuah peristiwa yang terjadi pasti akan menimbulkan tanya, baik bagi yang mengalami, melihat atau sekedar mendengar.

Pertanyaannya adalah "apakah ini akan baik atau malah sebaliknya?".

Seperti yang terjadi pada beberapa waktu ke belakang, tepatnya pada hari Jum'at tanggal 15 Desember 2017 yang lalu.

Telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 4,5 skala richter yang mengguncang kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Bahkan getarannya sampai terasa di kabupaten Bandung.

Ini merupakan salah satu contoh peristiwa besar yang di alami oleh umat manusia, khususnya yang berada di wilayah jangkauan getaran gempa.

Berkenaan dengan peristiwa yang kami sebutkan di atas, maka, kita sebagai umat muslim, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, bahwa setiap peristiwa yang terjadi merupakan sebuah pertanda atau peringatan dari Allah SWT.

Untuk itu, maka yang terbaik bagi setiap muslim adalah berdoa kepada Allah swt. agar apa yang terjadi tidak memberikan dampak buruk bagi dirinya, keluarga dan tetangga dan orang yang lainnya.

Siti 'Aisyah istri Rosulullah saw. pernah menceritakan kepada Abi Ribah bahwa ; apabila ada angin yang berhembus kencang Rosulullah saw membaca doa ;

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini.

Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Kemudian para ulamapun memberikan anjuran kepada umat muslim, apabila mendapati ada sesuatu kejadian atau peristiwa yang mengetarkan hati, termasuk peristiwa bencana alam, seperti longsor, banjir bandang, gunung meletus dan gempa bumi serta peristiwa lainnya, hendaklah umat muslim berdoa dengan doa yang diajarkan Rosulullah seperti doa diatas.

Dengan doa ini, umat muslim diajari untuk selalu berprasangka baik terhadap dampak yang akan dialami dari sebuah peristiwa yang terjadi. Memang ketika terjadi, peristiwa yang terjadi itu terlihat pahit dan bahkan mengerikan.

Tetapi, setelah itu, mungkin akan ada sesuatu yang lebih baik yang akan diberikan oleh Allah swt kepada hambanya.

Namun, bila kah dampak buruk yang memang sudah tidak bisa dihindarkan, maka memohon perlindungan kepada Allah swt juga sangat dianjurkan, bahkan wajib memohon perlindungan itu.

Tiada kekuatan yang dapat menghancurkan kecuali Allah swt. dan tiada kekuatan yang dahsyat kecuali kekuatan itu akan selalu tunduk di hadapan Allah swt.

Inti dari doa ini adalah kita memohon peristiwa yang terjadi itu memberikan dampak yang baik kepada kita, atau apabila dampaknya adalah buruk, maka kita memohon agar keburukannya tidak menimpa kita, keculi sesuatu yang bisa kita hadapi sesuai dengan kemampuan yang ada.

Allah swt maha bijaksana, dan akan selalu mengabulkan doa hambanya yang selalu yakin akan kebesaranNya.

Demikina penjelasan doa ketika ada gempa bumi ini kami tulis, dengan harapan akan memberikan kemanfaatan bagi diri sendiri dan umumnya kepada semua yang mampir dan mengambil doa ini untuk diamalkan.

Untuk catatan, bahwa doa ini tidak hanya dibaca ketika ada gempa bumi saja, melainkan setiap ada peristiwa atau musibah yang menimpa kita, tetangga atau umat manusia yang ada dibelahan bumi lain.

Wallhu a'lam bis showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Doa Ketika Ada Gempa Bumi"